Breaking News
Loading...
Sunday, December 16, 2012

Kenapa banyak kata "musim panas' dalam lirik lagu 48family?

12:30 PM

Kenapa banyak kata "musim panas' dalam lirik lagu 48family? 

Sepeti anime-anime dan manga-manga Jepang ketika mereka libur panjang saat musim panas dan mereka dapat melakukan hal yang menyenangkan. Mungkin karna itu *opini saya*

 

★ Libur Panjang dan Saatnya Bersenang-senang!

Selamat siang. Kali ini kita akan membahas seputar musim panas di Jepang, namun saya tidak akan membahas semua-muanya yang ada di musim panas ini hehe.. Cukup beberapa yang saya ketahui saja. Untuk itu, silakan disimak :D


1. NATSU YASUMI
Natsu=musim panas. Yasumi=istirahat.
Natsu Yasumi adalah istilah "libur musim panas" yang biasanya dipakai oleh anak-anak sekolah di Jepang. Umumnya Natsu Yasumi ini berlangsung selama bulan Juli - Agustus, alias dua bulan penuh libur panjang. Tentu saja siswa tidak pergi ke sekolah, dan sangat sedikit sekali yang mengambil les / tambahan pelajaran di bulan ini. Tempat terfavorit untuk dikunjungi pada saat libur musim panas tentu saja pantai dan laut. Ada juga yang pergi ke taman hiburan atau tempat semacam sea world. Tak sedikit siswa yang mencari baito atau kerja sambilan di saat libur musim panas, lumayan kan uangnya bisa buat jajan :D


2. KONCHUU SAISHUU
Yaitu kegiatan menangkap serangga. (PS: Jika ada yang tahu istilah lainnya tolong komen yah!)
Mungkin bagi orang Indonesia ataupun orang luarr Jepang lainnya (khususnya anak-anak yang hidup di kota besar), kegiatan seperti ini terdengar aneh. Tapi di Jepang anak-anak (sepantaran TK, SD, hingga SMP) masih gemar melakukannya. Di musim panas mereka akan pergi ke kebun atau hutan untuk menangkap bermacam serangga untuk dikoleksi, ada juga yang setelah menangkap kemudian dipelihara ataupun dilepas ke alam bebas kembali.


konchuusaishuu.jpg

Peralatan yang mereka bawa pun bermacam-macam, umumnya mereka membawa jaring dan kotak (tas) untuk tempat serangga yang telah terkumpul. Ada juga yang menggunakan trik dan trap (seperti perangkap).


3. NATSU MATSURI
Natsu=musim panas. Matsuri=festival.

natumaturi.jpg


Natsu Matsuri adalah festival musim panas yang umumnya digelar sepanjang bulan Agustus, di beberapa wilayah di Jepang. Natsu matsuri mulai beroperasi (ceile) di malam hari. Ada banyak penjual makanan tradisional disini, mulai dari yang makanan biasa saja sampai luar biasa. Selain makanan, ada juga yang menjual pernak pernik musim panas, mulai dari yukata, kipas, boneka, dan lain sebagainya. Jika menegok ke atas kita bisa melihat banyak lampion warna warni bergelantungan (bayangkan saja hihihi).
Biasanya pada puncak matsuri ini (akhir Agustus) akan ada pertunjukan hanabi (pesta kembang api).

hanabi.jpg


4. YUKATA
Natsu matsuri tidak lepas dari Yukata atau pakaian adat tradisional Jepang, sejenis kimono namun lebih tipis dan tidak setebal kimono. Yukata juga lebih dikenal dengan istilah "Summer Kimono" alias kimono musim panas.

yukata.jpg


Yukata di Jepang sebenarnya ada beberapa macam, dan tentu saja untuk menghadiri Natsu Matsuri, para cewe akan memakai Yukata musim panas yang bahannya cenderung lebih tipis dengan warna-warna cerah dan ornamen yang kebanyakan bermotif bunga. Beberapa Yukata ada yang panjangnya hanya sampai lutut. Yukata cewe dilengkapi dengan obi (ikat pinggang untuk Yukata) yang biasanya terdapat hiasan semacam pita di bagian belakang, kemudian dilengkapi dengan asesoris lainnya. Untuk sandal, mereka memakai geta (sandal Jepang yang terbuat dari kayu itu loh) tanpa menggunakan tabi (kaos kaki teman geta) seperti yang mereka gunakan di musim dingin.
Sedangkan untuk para cowo akan memakai Yukata yang umumnya berwarna gelap dan pamer dada :P Asesoris tambahannya juga sama, mereka memakai geta tanpa tabi. Oiya, yukata cowo tentu tidak memakai obi seperti para cewe hehehe.. tapi hanya diikat dengan koshi himo, yaitu semacam pita kecil sebagai ikat pinggang. Yukata cewe pun memakai koshi himo sebelum menutupnya dengan obi yang ukurannya lebih besar :D


5. BON ODORI
Odori (odoru)=menari/tarian.
Bon odori atau tarian obon yang dilakukan di puncak matsuri, biasanya ditarikan bersama-sama oleh semua kalangan yang datang ke matsuri, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa, karena bon odori merupakan tarian yang cukup mudah. Biasanya para penari membentuk lingkaran mengelilingi yagura (semacam panggung) yang terdapat taiko (drum) diatasnya. Dentuman dan hentakan taiko pun mengiringi tarian bon odori :D

bonodori.jpg


6. HIMAWARI
Adalah bunga matahari. Di negara lain yang punya 4 musim pun, musim panas sangat identik dengan bunga matahari. Katanya sih bunga matahari hanya tumbuh di musim ini.

himawari.jpg

Yang selanjutnya saya akan membahas makanan, jadi siap-siap ngiler hehe..

7. SUIKA
Suika berarti semangka. Di Jepang, musim panas sangatlah identik dengan buah semangka. Semangka hanya bisa ditemui dan dimakan saat musim panas saja, baik itu semangka yang berwarna merah ataupun kuning.

8. KAKIGORI
Kakigori adalah es serut! Yup, benar sekali, es batu yang diserut kemudian diberi topping sirup dan lainnya. Di musim panas tentu saja es serut menjadi salah satu makanan/minuman favorit karena sangat segar. Sirup sebagai topping pada kakigori ada bermacam-macam, yang paling populer dan digemari adalah rasa strawberry (ichigo), blue hawai, dan cola. Masih banyak sirup lainnya seperti lemon dan orange. Kadang ada juga yang ditambahkan jelly diatas kakigori. Yum... segar sekali sepertinya.

kakigori.jpg


9. CHOCO BANANA
Choco banana adalah salah satu makanan populer yang bisa kita temui disepanjang Natsu Matsuri. Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan bukan? Pisang berbalut coklat, dan biasanya juga ditaburi dengan meses warna-warni. Ada yang disajikan beku maupun tidak. Oiya, choco banana sebenernya tidak hanya ada di saat Natsu Matsuri saja, saat festival tahun baru atau hari biasa juga bisa kita temukan namun tidak banyak. Saya bener-bener pengen mencoba makanan yang satu ini, kayaknya menggiurkan sekali hehehe..

chocobanana.jpg



10. RINGO AME
Ringo=apel. Ame=permen.

ringoame.jpg

Satu lagi makanan populer saat Natsu Matsuri, yaitu permen apel ini. Kalau di negara barat biasanya ringo ame dimakan atau mudah ditemukan saat musim seperti Halloween. Apel dari ringo ame ini dibalut dengan sirup gula ataupun karamel. Sekarang ini tidak hanya apel yang digunakan atau dijual di Natsu Matsuri, ada juga orang Jepang yang menggunakan buah lain seperti kiwi, strawberry, anggur dan lainnya.

fruitsame.jpg


Gimana?
Tertarik buat liburan ke Jepang di musim panas?? :P

0 komentar:

Post a Comment

[New Trailer] Sword Art Online II

 
Toggle Footer